Aturan Pemerintah (mekanisme hukum) Tentang Investor Asing ingin berinvestasi Property di Indonesia


Pertanyaan:

“mohon penjelasan aturan pemerintah/mekanisme hukum secara detail investor asing bila ingin investasi property di Indonesia pak, investasi dalam skala kecil maupun besar.”

Jawaban Kami:

Peraturan investasi asing dinyatakan dalam Undang-Undang Penanaman Modal Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (“UU Penanaman Modal”) dimana penanaman modal asing adalah tindakan penanaman modal untuk melakukan usaha di wilayah Negara Indonesia oleh penanam modal asing, baik menggunakan modal asing sepenuhnya maupun berpatungan dengan penanam modal dalam negeri (Pasal 1 UU Penanaman Modal). Selanjutnya, penanaman modal asing, wajib berbentuk Perseroan Terbatas berdasarkan hukum Indonesia dan berkedudukan di wilayah Indonesia.

Dalam Pasal 12  UU Penanaman Modal dinyatakan bahwa ada jenis usaha atau bidang usaha penanaman modal ada yang terbuka namun ada pula jenis usaha yang tertutup dan terbuka dengan persyaratan. Pasal 12 ayat (4) UU Penanaman Modal, disebutkan bahwa kriteria dan persyaratan bidang usaha tertutup dan yang terbuka dengan persyaratan serta daftar bidang usaha yang tertutup dan yang terbuka dengan persyaratan masing-masing diatur dalam Peraturan Presiden. Sehingga, apabila ada warga negara asing ingin melakukan investasi dalam sektor properti, harus mencermati daftar bidang usaha terlebih dahulu dan menemukan persyaratan yang harus dipenuhi.

Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2010 tentang Daftar Bidang Usaha Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal (“Perpres 36/2010”), tidak ada batasan untuk warga negara asing atau badan hukum asing untuk mendirikan suatu badan hukum Indonesia yang dimana seluruh modalnya adalah kepunyaan warga negara asing atau badan hukum asing tersebut.

, , , ,