Habisnya jangka waktu HGU

Pertanyaan :

Assalamualaikum pak, apakah benar ada undang undang perkebunan tentang habisnya HGU 20 persen di kembalikan tanah nya kepada masyarakat...? Wassalam

(4 Juli 2016)

Jawaban kami :

Terima kasih atas surel Anda. Menindaklanjuti atas pertanyaan tersebut, adapun dapat kami jelaskan sebagai berikut:

Dapat kami informasikan bahwa dengan habisnya jangka waktu HGU tidak ada ketentuan 20% (dua puluh persen) tanah dikembalikan kepada masyarakat, namun ketentuan 20% (dua puluh persen) adalah ketentuan bagi hasil bagi perusahaan perkebunan yang telah memiliki izin usaha perkebunan dalam memanfaatkan tanah dengan status HGU tersebut.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 58 Undang-Undang No. 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan bahwa perusahaan perkebunan wajib memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar paling rendah seluas 20% (dua puluh persen) dari total luas areal kebun yang diusahakan oleh perusahaan perkebunan. Fasilitas pembangunan kebun masyarakat dapat dilakukan melalui pola kredit, bagi hasil, atau bentuk pendanaan lain yang disepakati sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang mana kewajiban memfasilitasi pembangunan kebun tersebut harus dilaksanakan dalam jangka waktu paling lambat 3 (tiga) tahun sejak HGU diberikan.

Demikian yang dapat kami sampaikan.

Comments are closed.