Pasal 168 UU Ketenagakerjaan

Pertanyaan :

Bapak/Ibu Yth,

mohon penjelasannya, berdasarkan Pasal 168 UU Ketenagakerjaan disebutkan:

  1. Pekerja/buruh yang mangkir selama 5 (lima) hari kerja atau lebih berturut-turut tanpa keterangan secara tertulis yang dilengkapi dengan bukti yang sah dan telah dipanggil oleh pengusaha 2 (dua) kali secara patut dan tertulis dapat diputus hubungan kerjanya karena dikualifikasikan mengundurkan diri.
  2. Keterangan tertulis dengan bukti yang sah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) harus diserahkan paling lambat pada hari pertama pekerja/buruh masuk bekerja.
  3. Pemutusan hubungan kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) pekerja/buruh yang bersangkutan berhak menerima uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4) dan diberikan uang pisah yang besarnya dan pelaksanaannya diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

sehubungan dengan itu kami mohon penjelasannya atas permasalahan berikut:

  1. bagaimana jika Karyawan mangkir namun setelah dilakukan pemanggilan 1, Ybs hadir namun 2-3 hari kemudian kembali tidak masuk lebih dari 5hari berturut-turut, apakah panggilannya harus diulang kembali menjadi panggilan 1 atau tetap memperhitungkan panggilan sebelumnya?
  2. bagaimana jika karena satu dan lain hal Perusahaan tidak mengirimkan surat panggilan tertulis, dan Karyawan tidak pernah masuk lebih dari satu bulan. katakanlah upaya yang dilakukan perusahaan adalah pendekatan langsung (mendatangi rumah atau bicara melalui telp) apakah tetap dapat dikualifikasikan Mangkir?

terima kasih atas penjelasannya.

(18 Juli 2016)

Jawaban kami :

Sehubungan dengan pertanyaan Anda, maka Anda perlu untuk memanggil kembali karyawan tersebut sebanyak 2 kali, jika karyawan tersebut kembali tidak masuk sebanyak 5 hari berturut-turut atau lebih tanpa alasan yang sah. Selanjutnya, sesuai dengan Pasal 168 UU Ketenagakerjaan, maka panggilan tersebut wajib dilakukan dalam surat tertulis.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Comments are closed.