Penerbitan Sertifikat Tanah Di BPN

Pertanyaan:
Saya sangat nengharapkan informasi dari bpk/ibu sbb:
Saya dan famili yag lainnya mempunyai sebidang tanah luas sekitar 1 ha, tanah tsb, adalah warisan secara turun temurun sesuai dengan adat di Minangkabau.
Sebagai tanah warisan adat, tentu saja tidak ,mempunyai surat-surat bukti kepemilikan.
Pada th. 2004 tanah tsb. disertifikatkan atas nama salah seorang keponakan kami, yang dalam proses pengurusannya ke BPN tidak memberi tahukan dan meminta persetujuan kepada ahli waris yang lainnya, kebetulan paman-pamannya dan saudara-saudara yang lain berdomisili diperatauan.
Kami berencana untuk menggugat kepengadilan, untuk itu kami membutuhkan dokumen yang ada di BPN sebagai dasar kemenakan kami ini mengurus sertifikat atas namanya.
Mohon informasi dari bpk/ibu cara saya untuk mendapat salinan dokumen dari BPN dalam menerbitkan sertifikat tanah tsb.
Atas bantuan dan informasinya, saya mengucapkan banyak terima kasih.
Mudah-mudahan bantuan bpk/ibu ini akan sangat bermanfaat bagi saya dalam menyelesaikan masalah saya ini.

Jawaban:


Terima kasih atas surel Anda. Menindaklanjuti atas surel Anda, adapun dapat kami jelaskan sebagai berikut:

Sebagaimana diatur dalam Pasal 187-189 Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 3 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, bahwa informasi tentang data fisik dan data yuridis yang ada pada peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur dan buku tanah terbuka untuk umum dan dapat diberikan kepada pihak yang berkepentingan secara visual atau secara tertulis (Surat Keterangan Pendaftaran Tanah) ("SKPT").
Dengan demikian Anda dapat meminta keterangan atas tanah tersebut dengan mengajukan permohonan SKPT pada Kantor Pertanahan setempat.

Demikian yang dapat kami sampaikan.

Comments are closed.