PPJB

Pertanyaan :

"Yth. Leks Lawyer,

Saya mempunyai pertanyaan seputar hukum apartemen.

Sebagai pemilik apartemen Pakubuwono Terrace saya membutuhkan dokumen Fotokopi IMB, fotokopi PBB, dan fotokopi Asuransi kebakaran. Tujuannya adalah saya ingin mengajukan agunan ke Bank dan saat ini saya sudah melunasi apartemen saya.

Sebagai pemilik apartemen apakah kita berhak mendapatkan dokumen tersebut dari pihak developer?

Saya pernah mencoba meminta dokumen tersebut, tetapi dipersulit oleh pihak developer. Mereka hanya bisa menunjukkan ditempat (tidak boleh difoto) dan tidak bisa di fotokopi.

Mohon sekali atas informasinya mengenai hal ini.

Terima kasih."

(25 April 2016)

Jawaban kami :

Kami berasumsi atas bukti pembelian apartemen oleh Ibu adalah PPJB, sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun, bahwa PPJB dilakukan setelah memenuhi persyaratan kepastian atas; (i) status kepemilikan tanah, kepemilikan IMB; (ii) ketersediaan prasarana, sarana, dan utilitas umum; (iii) keterbangunan paling sedikit 20% (dua puluh persen); dan (iv) hal yang diperjanjikan.

Ibu dapat melihat kembali ketentuan atas PPJB tersebut dikarenakan apabila dokumen berupa IMB dan PBB adalah atas nama Developer, hal tersebut merupakan dokumen yang dimiliki Developer dan tidak dapat dibebankan sebagai agunan, namun apabila telah dilakukan Akta Jual Beli (“AJB”) dan telah diterbitkan Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (“SHMSRS”) atas nama Ibu, Ibu dapat membebankan jaminan utang terhadap SHMSRS tersebut dengan dibebani hak tanggungan sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan, karena SHMSRS merupakan tanda bukti kepemilikan atas satuan rumah susun.

Comments are closed.