Kasus Pekerja

Pertanyaan:
Selamat pagi, saya bekerja di perusahaan sebagai kasir cabang.
saya dituduh menggelapkan uang sekitar 97jt, pada hari itu juga mereka memberi waktu 3 hari (sampai 27 agustus 2016) untuk saya mencari selisih 97jt tersebut dalam inputan saya, pada saat itu juga dia memaksa saya memberikan jaminan agar saya bisa di beri akses untuk mencari selisih tersebut, karena saya tidak bisa menjaminkan apa-apa.. papa saya dipaksa datang untuk menjaminkan dirinya kami di paksa membuat surat pernyataan bahwa saya akan mengganti seluruh selisihnya, jika tidak dia mengancam akan membawa kasus ini ke kantor polisi, pada tgl 27 agustus 2016 sudah di temukan sebagian selisih itu ada transferan hingga yg harus sy bayar berkurang menjadi sisa 55jt, dan itu memang kesalahan saya saat input.
Saya juga di minta tetap menutupi kekurangannya sebesar 55jt, karna saya tidak mempunyai uang sebanyak itu, saya menjaminkan 2 buah bpkb motor milik orang tua saya, emas senilai 21jt (sebagian hasil pinjaman), dan 1 camera canon 70D. Karena memang dari awal saya berkomitmen atas kerjaan saya.. kalau sepahit-pahitnya saya tidak menemukan selisihnya, tapi dengan cara di cicil, tapi selalu dibilang tidak bisa cicil.
Pada tgl 29 agustus 2016 saya diminta datang ke kantor pusat untuk menyerahkan jaminan tersebut, dan pada hari itu saya di paksa di suruh membuat surat pernyataan, yang menyatakan 'saya bertanggung jawab secara penuh akan bertanggung jawab atas selisih tersebut, dan jika dalam waktu dua minggu (terhitung sejak tgl 29 agustus 2016) saya tidak bisa menemukan selisihnya lagi, saya di minta memberikan kuasa kepada perusahaan untuk menjual seluruh jaminan, apabila tidak dapat menyelesaikannya bersedia di proses secara hukum'

Atas kasus tersebut, adakah yang bisa saya lakukan untuk membela diri saya, dan menjamin keluarga saya agar tidak menerima imbasnya?? Saya akan tetap bertanggung jawab dengan cara di cicil tapi perusahaan selalu menolak dan meminta jaminan.
Karena saat saya membuat surat pernyataan pada tgl 29agustus dia minta papa saya untuk ttd juga.
Surat pernyataan yg pertama juga saya tidak mendapat fotocopyannya, setiap di minta selalu bilang nanti.
Mohon bantuannya
Karna saya tidak tau harus melakukan apa lagi.

Jawaban:
Dear Bapak/Ibu

Terima kasih atas surel anda. Sebelumnya kami turut prihatin atas kejadian yang Anda alami. Menindaklanjuti pertanyaan Anda, adapun dapat kami jelaskan sebagai berikut:

Untuk membela diri, Anda harus dapat membuktikan kepada perusahaan bahwa Anda tidak bersalah berdasarkan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Apabila memang Anda tidak dapat menunjukkan bukti-bukti yang menguatkan posisi Anda, maka Anda dapat melakukan negosiasi dengan perusahaan dan membuat kesepakatan bahwa Anda akan bertanggung jawab sesuai dengan kemampuan Anda dalam hal ini dengan cara mencicil.

Lebih lanjut, mengenai orang tua Anda yang dijadikan penjamin atas kasus ini, kami berpendapat bahwa Anda dapat untuk menolak permintaan perusahaan tersebut untuk menarik orang tua Anda sebagai penjamin, mengingat hubungan kerja yang ada adalah hubungan kerja antara Anda dengan perusahaan, sehingga tanggung jawab berada pada Anda bukan orang tua Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan.

Comments are closed.