Peningkatan Status Tanah HGB menjadi HM

Pertanyaan:

Dear Admin,

Mohon pencerahan nya untuk properti saat ini, di karenakan properti saat ini banyak yg menggunakan surat hak guna bangunan, apakah ketika kita sudah melunasi semau angsuran yg kita jalan kan, misalkan 20 th. Nah di 20 tahun itu kita tapat SHGB kan, akan tetapi saya menjadi done nih ketika saya mengetahui bahwa kita hanya punya hak atas bangunannya saja.

dan yang jadi pertanyaan saya adalah apakah sulit dari SHGB untuk di jadikan SHM?

Terima kasih

Salam,

Jawaban:

Terima kasih atas surel Anda. Menindaklanjuti atas pertanyaan tersebut, adapun dapat kami jelaskan sebagai berikut:

Pada dasarnya sebagaimana diatur PP No. 40 Tahun 1996 jangka waktu Hak Guna Bangunan ("HGB") adalah paling lama 30 tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu paling lama 20 tahun serta dapat diperbaharui diatas tanah yang sama. Yang mana pemilikan HGB berhak menguasai dan mempergunakan tanah yang diberikan dengan HGB selama waktu tertentu untuk mendirikan dan mempunyai bangunan untuk keperluan pribadi atau usahanya serta untuk mengalihkan hak tersebut kepada pihak lain dan membebaninya.

Adapun, sebagaimana diatur dalam Perka BPN No. 1 Tahun 2010 untuk meningkatkan status hak atas tanah dari HGB menjadi HM, Anda dapat mengajukan permohonan perubahan hak atas tanah kepada Kantor Pertanahan setempat dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:

  1. Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon atau kuasanya di atas materai cukup;
  2. Surat Kuasa apabila dikuasakan;
  3. Fotocopy identitas pemohon/para ahli waris (KTP, KK) dan kuasa apabila dikuasakan, yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket;
  4. Surat Persetujuan dari kreditor (jika dibebani hak tanggungan);
  5. Foto copy SPPT PBB Tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket;
  6. Penyerahan bukti bayar uang pemasukan (pada saat pendaftaran hak);
  7. Sertifikat HM/HGB/HP;
  8. IMB/surat keterangan Kepala Desa/Lurah bagi perubahan hak dari HGB/HP menjadi HM untuk rumah tinggal dengan luas sampai dengan 600 m2.

Demikian yang dapat kami sampaikan.

Comments are closed.